Senin, 30 Oktober 2017

botani pepaya: ciri-ciri, kategorisasi serta khasiat, komplit

kates ialah tumbuhan buah yang dibudidayakan dengan cara besar di bumi. pada sebagian komponen di bumi, serupa australia serta sebagian daerah di kepulauan hindia barat, tumbuhan ini diketahui atas julukan papaw alias paw paw. di perancis, buah kates biasanya dikenal papaye serta tanamannya dikenal papayer. populasi brazil lazim mengatakan tumbuhan ini atas mamao, sebaliknya di asia selatan serta hindia timur menyebutnya kapaya, kepaya, lapaya, alias tapaya. daerah asal dari tumbuhan kates belum dikenal tentu. tumbuhan ini disangka berawal dari daerah amerika tropika, persisnya di alun-alun kecil amerika lagi komponen timur, ialah dari meksiko selatan hingga panama (nakasone & paull, 1998).

bulir kates bisa berdeging serta ada kapasitas hidup (viable) selagi bertahun-tahun bila ditaruh dalam kondisi kering, sehingga amat membolehkan pedaran tumbuhan ini dengan bulir. pada medio era ke-16, banyak orang spanyol yang melaksanakan investigasi ke semua bumi ikut berfungsi dalam pemencaran kates atas membawa bijinya ke kepulauan karibia serta daerah asia tenggara (filipina). berikutnya, tumbuhan itu menabur ke daerah pasifik, malaka, india serta afrika (morton, 1987; villegas, 1997). pangkal lain pula menuturkan kalau tumbuhan ini dibawa dari daerah hindia barat alias kepulauan karibia (prihatman, 2000).


taksonomi

julukan latin/keilmuan kates ialah carica papaya l. kates ialah tumbuhan dikotil yang adalah badan ahli caricaceae serta berfamili dekat atas passifloraceae (morton, 1987). ahli caricaceae terdiri dari 39 genus yang terdiri dari 5 jenis ialah carica, cylicomorpha, jacaratia, jarilla, serta vasconcellea.

jenis carica adalah jenis yang paling esensial di antara jenis yang lain karna terdiri dari genus yang bisa dimakan serta dibudidayakan dengan cara besar. jenis carica terdiri dari empat genus ialah carica aprica, carica augusti, carica cnidoscoloides, carica papaya.

tamanan kates yang kerap dibudidayakan ialah tipe carica papaya karna ada angka ekonomi tinggi karna buahnya bisa dimakan serta bagian-bagian yang lain pula bisa dipakai buat pabrik serta obat-obatan. kategorisasi keilmuan dari tumbuhan kates berdasarkan http:// www. catalogueoflife. org ialah:

kingdom: plantae
_filum: tracheophyta
__kelas: magnoliopsida
___ordo: brassicales
____famili: caricaceae
_____genus: carica
______spesies: carica papaya l.


ilmu bentuk kata pokok kayu kates

cerita mofologi serta ciri-ciri pokok kayu kates dari yang-yang sampai daunya dijabarkan selaku selanjutnya:

habitus. cerita pokok kayu kates berwujud belukar berbatang ahad berdiri serta berair atas payungan daun di ujungnya, bisa tumbuh sejajar 270 – 900 centimeter bersama berisi nuftah karet getah perca putih di semua komponen pohonnya. ciri-ciri belukar kates itu pula dipengaruhi jenis.


daun. rupa daun kates ialah ahad, menjari 5-9 komponen. anak cabang daun jauh berliang 50-100 centimeter (tercantel baya).

batang kates berupa bumbung atas garis tengah 30 – 40 centimeter, recup berkayu, berliang serta bergabus atas kulit yang halus beragam abu-abu. dasaran batang dicukupi atas tanda anak cabang daun. arah kemajuan batang berdiri lurus ke berdasarkan serta enggak beranting, eksepsi komponen pucuk punca mendapati pelukaan alias titik tumbuhnya terpenggal. tumbuhan ini mulai berhasil 8 – 9 bulan sehabis investasi serta aktif sepanjang tahun selagi tumbuhan lalu berbuah.

bunga: menurut contoh bunganya, bagian-bagian bunga kates dibedakan jadi tiga tipe, ialah kates laki-kaki, kates awewe serta kates hermafrodit. kates laki-kaki ada bunga laki-kaki yang beragam serta terlenggek bergantung pada rangkaian. bunganya beragam putih alias kuning terang atas kekuasaan berupa terompet serta kenur biang terlenggek sempurna yang menempel pada gala tabung kekuasaan. kates awewe ada bunga awewe yang bisa individual alias terletak dalam artikel. bunganya berhulu cepak atas kekuasaan beragam hijau kekuningan yang menempel pada komponen pokok bunga, enggak ada kenur biang bersama ada akan buah yang besar serta sempurna. sebaliknya kates hermafrodit ada bunga sempurna atas kenur biang serta akan buah.

buah kates berupa bulat panjang sampai nyaris bulat, atas garis tengah 15 – 30 centimeter, serta melimpah dimakan selaku buah enak. buah ada gerong di komponen lagi yang bermuatan melimpah bulir minim. kulit buah pipih serta ketuat buah kasar.

bulir beragam hitam keabu-abuan. besaran melimpah serta ditutupi oleh cairan pekat yang melindungi biar bulir konsisten lembab.

yang-yang pokok kayu kates ialah bulu.

kediaman

tumbuhan kates terdistribusi dengan cara besar di bumi, terpenting kawasan tropis serta subtropis hangat. tumbuhan ini menginginkan pengairan serta tumpah hujan yang berlimpah, tapi atas didukung juga skema drainase yang bagus (morton, 1987).

isi kates

buah serta nuftah karet getah perca kates berisi papain, chymopapain a, b, c, benzyl glucosinolate, biphenyl, asam benzoat, serta asam malat. bulir berisi glucotropaeolin, serta phosphatidyl choline. daun berisi alkaoid serupa dehydrocapaine, kolin, asam chlorogenic, bendungan kuersetin. buah berisi vitamin c, fenol, karotenoid, likopen, serta beta karoten.

khasiat tumbuhan kates

tumbuhan kates berharga ekonomi tinggi karna ada melimpah arti, bagus komponen buah, yang-yang, batang, daun, ataupun bunganya. buah kates yang masak lazim dihidangkan selaku binatu mulut serta pemasok agen nutrisi, terpenting karoten, kalsium, barang ferum, vitamin a serta b, bersama banyak bakal vitamin c. buah kates pula bisa diolah jadi rupa makanan lain, serupa biang kates serta jenang. buah ini pula kerap dijadikan gabungan dalam pabrikasi saus tomat buat menaikkan perasaan rasa, corak serta kadar vitamin. dalam aspek farmasi, yang-yang kates dipakai selaku obat penyakit ginjal serta kandungan air kencing, sebaliknya daunnya selaku obat penyakit malaria, berkiat perut serta meriang. daun belia serta bunganya pula lazim dijadikan lalapan serta balur buat menaikkan ambisi makan. bunga kates acapkali dijadikan pengganti pengganti bunga melati selaku bunga anyam. tidak cuma itu, batang serta daunnya bisa dipakai selaku gabungan buat pakan peliharaan. batang serta daun kates yang lagi belia berisi papain yang melimpah dipakai selaku pelunak ketuat, materi kosmetik, penjernih dalam pabrik minuman, bersama dipakai pula dalam pabrik farmasi,
pengerjaan makanan serta garmen (mowlick et al., 2007; prihatman, 2000).

keaktifan farmakologis

kates ada khasiat selaku obat herbal atas sebagian keaktifan farmakologisnya antara lain:

antioksidan: buah serta bijinya ada khasiat selaku antioksidan.
penyembuh jejas: perolehan riset atas memakai epikarp kates belia membuktikan penyembuhan jejas pada mencit lebih kilat.
konstrasepsi: eksperimen pada binatang percobaan membuktikan kalau ekstrak bulir kates bisa mengganggu benih.
antifertilitas. ektrak bulir kates pula mempu menyusutkan motilitas benih pada binatang percobaan.
menangani meriang berdarah: daun kates dapat dipakai buat menambah trombosit.
hepatoprotektor: daun kates bisa mencegah guna liver/hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar